Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Penggunaan E-Wallet Dana Terhadap Perilaku Konsumtif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kemudahan penggunaan dan kepercayaan penggunaan baik secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 93 diambil sampel 75 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sistem random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan dan kepercayaan penggunaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif. Berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh kemudahan penggunaan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai (thitung 2,977 > ttabel 1,666) dan nilai sig 0,004. Terdapat pengaruh kepercayaan penggunaan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai (thitung 2,000 > ttabel 1,666) dan nilai sig 0,049. Serta berdasarkan uji f terdapat pengaruh secara bersama-sama dengan nilai (Fhitung 82,674 > Ftabel 3,12) dan nilai sig 0,000 < 0,05. Kemudian kemudahan penggunaan (X1) dan kepercayaan penggunaan (X2) berpengaruh positif sebesar 68,8%, sementara sisanya 31,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.