Efektivitas Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Kualitas pembelajaran daring dan (2) Output pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi dalam penelitian ini siswa MIPA dan IPS kelas XI SMA Ngeri 1 Karanganyar berjumlah 144. Sampel berjumlah 100 siswa, ditentukan dengan pedoman tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil efektivitas kinerja guru dalam kelas rerata skor (3,38) kualifikasi “sangat baik”, fasilitas pembelajaran rerata skor (3,37) kualifikasi “sangat baik”, sikap siswa rerata skor (3,14) kualifikasi “baik”, dan motivasi belajar rerata skor (3,08) kualifikasi “baik” dan output pembelajaran daring dari nilai akhir semester rerata skor (2,09) kualifikasi “cukup baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar menunjukkan rerata total skor (2,65), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”.
Copyright (c) 2022 Gita Tiara Anggraeni, Sugeng Eko Putro Widoyoko, Lukman Fadhiliya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.