Efektivitas Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI

  • Gita Tiara Anggraeni Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Lukman Fadhiliya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Efektivitas Program, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Kualitas pembelajaran daring dan (2) Output pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi dalam penelitian ini siswa MIPA dan IPS kelas XI SMA Ngeri 1 Karanganyar berjumlah 144. Sampel berjumlah 100 siswa, ditentukan dengan pedoman tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil efektivitas kinerja guru dalam kelas rerata skor (3,38) kualifikasi “sangat baik”, fasilitas pembelajaran rerata skor (3,37) kualifikasi “sangat baik”, sikap siswa rerata skor (3,14) kualifikasi “baik”, dan motivasi belajar rerata skor (3,08) kualifikasi “baik” dan output pembelajaran daring dari nilai akhir semester rerata skor (2,09) kualifikasi “cukup baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar menunjukkan rerata total skor (2,65), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”.

Published
2022-05-31
How to Cite
Anggraeni, G. T., Widoyoko, S. E. P., & Fadhiliya, L. (2022). Efektivitas Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI . Surya Edunomics, 6(1), 37-42. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2276
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)