Penerapan Model Pembelajaran Question Students Have (Qsh) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI

  • Winda Agustina Pratiwi Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Sugeng Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Question Students Have, Motivasi Belajar, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Question Students Have pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS  SMA Negeri 10 Purworejo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Purworejo yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil angket sebagai data primer, serta hasil observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Question Students Have dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Purworejo. Rata-rata motivasi belajar ekonomi siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 41,40% meningkat menjadi 62,65% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,31% pada siklus II dan berada pada kategori sangat tinggi.

Published
2022-05-31
How to Cite
Pratiwi, W. A., Widoyoko, S. E. P., & Setiaji, C. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Question Students Have (Qsh) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI. Surya Edunomics, 6(1), 31-36. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2273
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)