Penerapan Model Pembelajaran Question Students Have (Qsh) Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Question Students Have pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 10 Purworejo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Purworejo yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil angket sebagai data primer, serta hasil observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Question Students Have dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Purworejo. Rata-rata motivasi belajar ekonomi siswa mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 41,40% meningkat menjadi 62,65% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,31% pada siklus II dan berada pada kategori sangat tinggi.
Copyright (c) 2022 Winda Agustina Pratiwi, Sugeng Eko Putro Widoyoko, Cahyo Apri Setiaji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.