EFEKTIVITAS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA SUARA DEMOKRASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi pada kelas XI di SMA N 4 Purworejo. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluasi (evaluation research) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Evaluasi menggunakan metode CIPP (context, input, process, product). Populasi berjumlah 252 siswa dan 18 fasilitator. Sampel berjumlah 161, yang terdiri dari 150 siswa dan 11 fasilitator, ditentukan dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil evaluasi variabel context rerata skor (3,37) dengan klasifikasi “sangat baik”, variabel input (3,10) dengan klasifikasi “baik”, variabel process rerata skor (3,07) degan klasifikasi “baik”, dan output pembelajaran dari hasil nilai raport P5 rerata skor (3,34) dengan klasifikasi “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi kelas XI SMA Negeri 4 Purworejo menunjukkan rerata skor total (3,26) dengan klasifikasi “sangat baik” dalam standar klasifikasi efektivitas maka masuk dalam klasifikasi “sangat efektif”.