PENGARUH PEMANFAATAN MEDSOS DAN PERGAULAN REMAJA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan medsos dan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 6 Purworejo. Populasi penelitian ini sebanyak 107 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner dengan skala likert dengan alternatif jawaban 5. Setiap butir soal kuesioner telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis kuantitatif dengan korelasi parsial dan korelasi ganda. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa variabel pemanfaatan medsos dinyatakan pada kategori baik yakni dengan presentase sebesar 55%, pendidikan kewirausahaan berada pada kategori setuju dengan presentase 83,33%, dan pergaulan remaja berada pada kategori baik dengan presentase 60,71%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa pemanfaatan medsos (X1) dan pergaulan remaja (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan perolehan nilai Sig pada uji F sebesar 0,00 < 0,05, dan koefisien korelasi ganda 0,718 (71,8%). Dari uji t diperoleh nilai signifikansi 0,00 ≤ 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X1 (pemanfaatan medsos) terhadap variabel Y (prestasi belajar), dan diperoleh nilai signifikansi 0,014 ≤ 0,05, dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel X2 (pergaulan remaja) terhadap variabel Y (prestasi belajar).
Copyright (c) 2024 Inggit Siwi Sri Rejeki, Cahyo Apri Setiaji, Sugeng Eko Putro Widoyoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.