Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di SMA Negeri 8 Purworejo. Penelitian menggunakan metode penelitian eval_uasi dengan pendekatan kuantitatif. Model eval_uasi yang digunakan adalah model CIPP. Populasi sejumlah 281 terdiri dari fasilitator 30 dan seluruh peserta didik kelas X dengan jumlah 251. Sampel penelitian sebanyak 163 ditentukan berdasarkan tabel penentuan sampel dari Isaac dan Michael. Pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, analisis dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa context memperoleh rerata skor = 3,38 dengan kualifikasi sangat baik, input memperoleh rerata skor = 3,18 dengan kualifikasi baik, proses memperoleh rerata skor = 3,23 dengan kualifikasi baik, produk memperoleh rerata skor 3,20 dengan kualifikasi baik. Rerata skor secara keseluruhan dari context, input, proses, produk pada program kegiatan implementasi P5 sebesar 3,25 dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan di SMA Negeri 8 Purworejo telah berjalan dengan baik.