Implementasi Pendekatan Etno-STEM Materi Sistem Koloid Untuk Mengembangkan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Menengah Atas

  • Imelda Aldi Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Hironimus C Tangi Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
  • Erly Grizca Boelan Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Keywords: Etno-STEM, Berpikir kreatif, Sistem koloid

Abstract

Pembelajaran Etno-STEM membantu peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan memahami budaya-budaya setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendekatan Etno-STEM; untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik; untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah mengimplementasikan pendekatan Etno-STEM pada proses pembelajaran materi sistem koloid. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik XI IPA SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang yang berjumlah 14 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru mampu dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan pendekatan Etno-STEM pada materi sistem koloid yang ditunjukan melalui skor rata-rata 4,00 termasuk dalam kategori baik. (2) Berpikir kreatif peserta didik meningkat setelah dilakukan penerapan Etno-STEM yang ditunjukan melalui rata-rata nilai tes berpikir kreatif yakni 84 dengan kategori tinggi. (3) Hasil Belajar Aspek Keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 86,9 dan Hasil Belajar secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 87.

Downloads

Published
2025-05-28
How to Cite
Aldi, I., Tangi, H. C., & Boelan , E. G. (2025). Implementasi Pendekatan Etno-STEM Materi Sistem Koloid Untuk Mengembangkan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 6(1), 12-17. https://doi.org/10.37729/jips.v6i1.3596
Section
Articles