Efektifitas Pemberian Apersepsi dan Motivasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Gaya, SMP NEGERI 13 Purworejo

  • Mariska Mariska Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Apersepsi, Motivasi, Pemahaman Konsep, Pre-Test, Post-Test

Abstract

Telah dilakukan penelitian guna untuk mengetahui efektivitas Pemberian Apersepsi dan Motivasi dalam meningkatkan Pemahaman Konsep siswa dalam pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampelnya adalah siswa kelas VIIIE dan VIIIG dengan jumlah 30 siswa SMP Negeri 13 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket motivasi, tes, wawancara. Penelitian ini menggunakan desain Pre-test-Post-test Control Group Design. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh, untuk kelas eksperimen jumlah prosentase dari Pre-Test 54,16% dan Post-Test sebesar 66,00%, sedangkan untuk kelas kontrol jumlah prosentase Pre-Test 51,67% dan Post-Test sebesar 61,67%.Jumlah prosentase motivasi untuk kelas eksperimen sebesar 31,65% sedangkan untuk kelas kontrol 25,33%. Kenaikan pemahaman konsep dan motivasi siswa kelas eksperimen lebih tinggi membuktikan bahwa belajar Fisika dengan pemberian apersepsi dan motivasi lebih baik dari pada siswa yang tidak diberikan apersepsi dan motivasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Mariska, M., Kurniawan, E. S., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Efektifitas Pemberian Apersepsi dan Motivasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Gaya, SMP NEGERI 13 Purworejo. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 161-165. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/441
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>