Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SMA Negeri 9 Purworejo
Abstract
Menulis artikel untuk diterbitkan di jurnal ilmiah menjadi salah satu permasalahan mendasar bagi kalangan edukatif. Seperti yang dihadapi oleh para guru di SMAN 9 Purworejo, pada dasarnya para guru tersebut mempunyai ide ataupun gagasan mengenai metode ajar, media ajar, dan lain sebagainya namun masih kesulitan untuk menuangkannya menjadi karya ilmiah berbentuk artkel. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam membuat dan menghasilkan artikel ilmiah yang terbit di jurnal nasional. Metode yang digunakan oleh tim pengabdian adalah pertemuan tatap muka yang memberikan pemahaman serta tips dan trik dalam menulis artikel ilmiah. Follow up nya yaitu dengan membuat grup WA untuk memonitor perkembangan pembuatan artikel sekaligus utnuk menampung dan memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh para guru seperti pencarian pustaka, dan lain sebagainya. Hasil evaluasi kegiatan menunjukkan bahwa dari 21 guru peserta workshop, sebanyak 18 guru (86%) telah memiliki judul yang relevan dan telah dihaluskan bahasanya oleh tim dan sebanyak 10 guru (47%) telah memulai penulisan dalam kurun waktu 2 minggu setelah workshop dilaksanakan. Proses pembimbingan berjalan intensif melalui grup WA. Selain itu, tim menemukan bahwa lebih dari 90% guru lebih memahami mengenai bagaimana cara memulai membuat ataupun menulis artikel ilmiah. Dengan adanya workshop penulisan artikel ilmiah di SMAN 9 Purworejo, permasalahan klasik berhubungan dengan rendahnya produktifitas menulis karya imiah guru dapat terselesaikan dan para guru bisa menulis karya ilmiah untuk diterbitkan di jurnal nasional.
Downloads
References
Illahi, N. (2020). PERANAN GURU PROFESIONAL DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA DAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA MILENIAL. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Indonesia, & BP Cipta Jaya (Eds.). (2006). Undang-Undang R.I. no. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen: Dilengkapi Putusan Mahkamah Konstitusi tentang pengujian Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, ujian nasional tahun pelajaran 2005/2006. Cipta Jaya.
Karlina, D. A. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru melalui Karya Tulis Ilmiah untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 1(1), 6–9. https://doi.org/10.17509/jpdpm.v1i1.24001
Kumala, F., & Setiawan, D. (2017). PENGABDIAN PUBLIKASI KARYA LIMIAH (ARTIKEL DAN PROSIDING) GUGUS V SDN KECAMATAN KARANGPLOSO. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 237. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12839
Kunter, M., Klusmann, U., Baumert, J., Richter, D., Voss, T., & Hachfeld, A. (2013). Professional competence of teachers: Effects on instructional quality and student development. Journal of Educational Psychology, 105(3), 805–820. https://doi.org/10.1037/a0032583
Mohamed Redzwan, H. F., Bahari, K. A., Sarudin, A., & Osman, Z. (2020). STRATEGI PENGUKURAN UPAYA BERBAHASA MENERUSI KESANTUNAN BERBAHASA SEBAGAI INDIKATOR PROFESIONALISME GURU PELATIH BERASASKAN SKALA MORFOFONETIK, SOSIOLINGUISTIK DAN SOSIOPRAGMATIK(LINGUISTIC POLITENESS AS AN INDICATOR OF TRAINEE TEACHER PROFESSIONALISM: A LANGUAGE ABILTY MEASUREMENT STRATEGY BASED ON MORPHOPHONETIC, SOCIOLINGUISTIC AND SOCIOPRAGMATIC SCALES). Malaysian Journal of Learning and Instruction, 17(Number 1), 213–254. https://doi.org/10.32890/mjli2020.17.1.9
Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L. S. (2020). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebuah Analisis Kebutuhan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 136–144. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24565
Reni, R., Kartikowati, Rr. S., & Junus, N. (2018). IMPLEMENTASI PERMENPAN NOMOR 16 TAHUN 2009 TENTANG JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDIT (Studi Kasus pada Kenaikan Pangkat dan Dampaknya Bagi Guru SDN di Kecamatan Kandis Kabupaten Siak ). Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 2(2), 225. https://doi.org/10.31258/jmppk.2.2.p.225-230
Saihu, S., & Taufik, T. (2019). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI GURU. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(02), 105–116. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.20
Tanang, H., & Abu, B. (2014). Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, 3(2), p25. https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25
Ulianas, A. (2019). Classroom Action Research (CAR) Guidance and Article Writing Techniques for Chemistry Teachers in Limapuluh Kota District High School. Pelita Eksakta, 2(1), 22. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol2-iss1/49
Copyright (c) 2022 Abdul Ngafif, Tusino Tusino, Puspa Dewi, Syahbaniyah Purnama, Anisa Larasati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.