Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Interaktif Bagi Guru TK/KB ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Purworejo

  • Andrian Nuriza Johan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Titi Rokhayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ismawati Ike Nugraeni Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pengajaran, Bahasa inggris, Interaktif, TK, KB

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk membantu guru-guru dalam mengajarkan bahasa Inggris di TK/KB ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Purworejo kabupaten Purworejo untuk menemukan, membuat dan mengaplikasikan materi kegiatan belajar-mengajar bahasa Inggris secara interaktif dan sesuai dengan usia anak-anak. Untuk mencapai tujuan tersebut metode pelatihan adalah dengan melalui workshop dan pendalaman teori. Sasaran Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah para guru TK/KB ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Purworejo kabupaten Purworejo dengan jumlah populasi adalah 15 orang. Permasalahan diselesaikan dalam tiga (3) tahapan kegiatan, yakni persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap Persiapan yang dilakukan adalah menganalisa masalah dan kebutuhan para guru TK/KB ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Purworejo dalam pengajaran Bahasa Inggris. Tahap kedua yaitu pelaksanaan terbagi menjadi beberapa sesi yaitu pembukaan, penyampaian teori dasar prinsip dan model pengajaran bahasa Inggris untuk anak, dilanjutkan dengan materi yang lebih aplikatif yaitu pembelajaran melalui berbagai media atau teknik untuk mengajar bahasa inggris bagi anak usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah pelatihan intensif dengan perpaduan teori dan praktek serta diskusi dan unjuk kerja hasil workshop di akhir pelatihan. Tahap ketiga yakni evaluasi dengan meminta umpan balik peserta melalui kuesioner tentang pemahaman materi serta dengan melakukan evaluasi internal yang dilakukan tim Pengabdian Kepada Masyarakat. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini dapat diuraikan sebagai berikut: peserta mampu memahami landasan teori dan prinsip pengajaran bahasa Inggris di TK atau PAUD, peserta mampu mengenal, membuat, dan mempraktikan beberapa jenis media atau teknik untuk membantu pengajaran bahasa Inggris., dan peserta mampu merancang kegiatan pembelajaran dengan aktifitas yang menyenangkan dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-28
How to Cite
Johan, A. N., Rokhayati, T., & Nugraeni, I. I. (2017). Pelatihan Pengajaran Bahasa Inggris Interaktif Bagi Guru TK/KB ‘Aisyiyah Bustanul Athfal II Purworejo. Surya Abdimas, 1(1), 25-27. https://doi.org/10.37729/abdimas.v1i1.306
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3