IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DAN GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN DAN PERBAIKAN KELISTRIKAN OTOMOTIF

  • Eko Pawitno Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Azizah Hanafi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Keywords: Peer teaching, goup resume, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKR A SMK Muhammadiyah Kutowinangun pada mata pelajaran Perawatan dan Perbaikan Kelistrikan Otomotif dengan mengaplikasikan model pembelajaran Peer Teaching dan Group Resume. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) dengan desain penelitian model yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur sebagai berikut 1) perencanaan, 2) Tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I diimplementasikan model pembelajaran model peer teaching. Berdasarkan refleksi pada siklus I, penelitian pada siklus II mengimplementasikan model pembelajaran peer teaching dan group resume.  Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran Peer Teaching  dan group resume dapat meningkatkan hasil belajar praktek dan hasil belajar pengetahuan siswa. Siswa yang mendapatkan nilai praktik ≥ KKM meningkat dari 19 siswa (51,3%) pada pra siklus menjadi 35 siswa (94,5%) pada siklus I. Prosentase siswa yang mendapatkan nilai praktik ≥ KKM pada siklus II tidak meningkat, tetapi prosentase siswa yang mendapatkan nilai pengetahuan meningkat dari 9 siswa (24,3%) pada pra siklus menjadi 34 siswa (91,9%) dari 37 siswa.

References

Darmadi, H. (2015). "Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional." Edukasi: Jurnal Pendidikan 13(2): 161-174.
Devinagara, F. (2017). "Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dengan Metode Peer Teaching Pada Pembelajaran Perawatan Kelistrikan Otomotif Untuk Siswa Kelas XI SMK YPP Purworejo." Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Djumhur, I. and H. Danasuparta (1980). Sejarah Pendidikan, CV Ilmu.
Kemmis, S. (1993). "Action research and social movement." Education policy analysis archives 1: 1-1.
Ma'arif, M. K. and B. Sudarsono (2020). "Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Peer Teaching Pada Teknik Listrik Dasar Otomotif." Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 15(1): 14-20.
Makhsuni, A. M. A. (2016). "MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEER TECHING PADA PEMBELAJARAN PERAWATAN KELISTRIKAN OTOMOTIF UNTUK SISWA KELAS XI SMK TARUNA ABDI BANGSA KEBUMEN." Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 8(1).
Niken, A. and D. Haryanto (2010). "Pembelajaran Multimedia di Sekolah." Jakarta: Prestasi Pustaka.
Puspito, R., et al. (2014). "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Resume Untuk Meningkatkan Pemahaman Fisika Siswa Kelas X SMAWidya Kutoarjo Tahun Pelajaran 2013/2014." Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 4(1): 56-58
Ridwan, R. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Praktik Kelistrikan Otomotif Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Latanro Enrekang, Universitas Negeri Makassar.
Sidiq, H. A., et al. (2018). "Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memasang Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di Smk." Journal of Mechanical Engineering Education 5(1): 42-49.
Sutrisno, V. L. P. and B. T. Siswanto (2016). "Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran praktik kelistrikan otomotif SMK di Kota Yogyakarta." Jurnal Pendidikan Vokasi 6(1): 111-120.
Wahyuni, N. K. A., et al. (2021). "Penerapan model pembelajaran teaching factory untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan." MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(2).
Published
2023-01-10
How to Cite
Pawitno, E., & Hanafi, A. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DAN GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN DAN PERBAIKAN KELISTRIKAN OTOMOTIF . Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 18(1), 10-19. https://doi.org/10.37729/autotech.v18i1.3078