PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGALAMAN PRAKERIN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN

  • Azizah Hanafi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Eko Pawitno Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Keywords: Kewirausahaan, Prakerin, Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Populasi penelitian ini berjumlah 110 Siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan kriteria sebagai berikut: 1) telah memperoleh pendidikan kewirausahaan, 2) mengikuti program kewirausahaan di sekolah dan 3) mengikuti prakerin. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling yang digunakan itu menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan ada analisis regresi linier berganda yang telah diperoleh hasil Y = 69,123 + 0,440 (X1) + 0,510 (X2), artinya bahwa pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pengalaman prakerin berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, 2) Pengalaman prakerin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, 3) Pendidikan kewirausahaan dan pengalaman prakerin secara simultan berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Kesimpulan: (1) ada pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap terhadap minat berwirausaha diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,716 > 1,663 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,008 dengan sumbangan relatif sebesar 62,72% dan sumbangan efektif 7,84% (2) ada pegaruh pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha. Diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,107 > 1,663 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,038 dengan sumbangan relatif sebesar 37,28% dan sumbangan efektif 4,66% (3) ada pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pengalaman prakerin terhadap minat berwirausaha. Hasil uji F diketahui bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 5,785 > 3,29 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,125 atau 12,5%.

 

References

Falah, N. and N. Marlena (2022). "Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Pengalaman Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK." Jurnal PTK dan Pendidikan 8(1).
Isnania Lestari and B. T. Siswanto (2015). "Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK." Jurnal Pendidikan Vokasi 5(2): 183-194.
Lestari, I. and B. T. Siswanto (2015). "Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK." Jurnal Pendidikan Vokasi 5(2): 183-194.
Mukrodi, et al. (2021). "Membangun Jiwa Usaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan." Jurnal PKM Manajemen Bisnis 1(1): 11-18.
Pambudi, D. F. and A. Ashari (2021). "Pengaruh sarana pembelajaran praktik terhadap motivasi belajar materi sistemiInjeksi siswa kelas XI TBSB SMK YPT Sawunggalih Kutoarjo." Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 16(2): 134-143.
Purnomo, M. (2015). "Dinamika pendidikan kewirausahaan: pemetaan sistematis terhadap pendidikan, pengajaran dan pembelajaran kewirausahaan." JDM (Jurnal Dinamika Manajemen) 6(1).
Putri, N. L. W. W. (2017). "Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha." Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 9(1): 137-147.
Ramdhan, D. A., et al. (2017). "Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengangguran dan kemiskinan di kota samarinda." Inovasi 13(1): 1-18.
Satya, M. T., et al. (2021). "Program pelatihan kewirausahaan dasar dan pembuatan modul kewirausaan untuk SMK Aturmudiah." Jurnal Dharma Bakti Ekuitas 6.
Savi, A. (2019). "Pengaruh Prakerin Untuk Peningkatan Soft Skill Dalam Menghadapi Dunia Industri dan Dunia Usaha Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo." Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 14(1): 30-35.
Soleh, A. (2017). "Masalah ketenagakerjaan dan pengangguran di Indonesia." Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 6(2): 83-92.
Tahirs, J. P. and A. C. Rambulangi (2020). "Menumbuhkan minat berwirausaha melalui pelatihan kewirausahaan bagi siswa SMK." Jurnal pengembangan masyrakat 1: 125-129.
Taufiqurrahman and D. Jatmoko (2020). "Studi tentang layanan industri otomotif terhadap peserta praktik kerja industri." Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 15(2): 68-75.
Published
2023-01-10
How to Cite
Hanafi, A., & Pawitno, E. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGALAMAN PRAKERIN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 18(1), 28-35. https://doi.org/10.37729/autotech.v18i1.3080