PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas X pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif (TDO) program keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK A Yani Purworejo melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang diselesaikan dalam dua siklus. Siklus ini menggunakan empat tahapan menurut Kemmis & McTaggart yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK A Yani Purworejo tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 20 siswa. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar observasi pelaksanaan tindakan, tes hasil belajar dan angket motivasi siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif hasil belajar dan motivasi siswa. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini pada hasil belajar yaitu minimal 90% dari jumlah siswa telah memenuhi KKM sebesar 75. Sedangkan Kriteria keberhasilan dalam motivasi belajar yaitu nilai rata-rata motivasi kelas minimal 75 melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Hasil Penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa mata pelajaran teknologi dasar otomotif (TDO) kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK A Yani Purworejo. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus. Pada Siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 65% dengan nilai rata-rata kelas 74,2. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dengan nilai rata-rata kelas 82,7. Sedangkan peningkatan nilai rata-rata motivasi belajar pada setiap siklus. Pada Siklus I nilai rata-rata kelas motivasi belajar siswa sebesar 73,1. Pada siklus II nilai rata-rata kelas motivasi belajar siswa mencapai 84,9.
References
Harisandi, Rully. 2015. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan Rendah Smk 1 Sedayu Melalui Model Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation)". Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RnD. Bandung:Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyitno, S., Sudarsono, B., & Jatmoko, D. (2019). Analysis of Industrial Practice Problems in Automotive Students. TAMAN VOKASI, 7(2), 116-120. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index._php/tamanvokasi/article/view/6299
Supriyanto, A., & Suyitno, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA STAND KELISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index._php/autotext/article/view/5687/5099
Sutrisno, S., & Suyitno, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR DENGAN MACROMEDIA FLASH 8 DI SMK DIPONEGORO 2 RAWALO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index._php/autotext/article/view/5688/5100
Suyitno, S., & Setiawan, A. (2019). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN SISWA PADA PENGUASAAN PRAKTIK MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI SMK PUTRA BANGSA SALAMAN. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 5(1), 25-35. http://ejournal.umpwr.ac.id/index._php/surya/article/view/5664/pdf