Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Tunarungu

  • Rr Lutfiani Nurhanifah Universitas Pancasakti Tegal
  • Wikan Budi Utami Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal, Tegal, 52121, Indonesia
  • Isnani Pendidikan Matematika, Universitas Pancasakti Tegal, Tegal, 52121, Indonesia
Keywords: Kesulitan Belajar Matematika, Tunarungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa tunarungu dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yang dialami siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran kelas VIII di SLB Negeri Slawi. Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa tunarungu kelas VIII SLB Negeri Slawi Tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan  dokumentasi, tes dan wawancara. Temuan:  Hasil penelitian menyebutkan (1) Bentuk kesulitan belajar matematika siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran yaitu siswa tunarungu sulit dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematika. (2) faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran yaitu faktor internal siswa tunarungu sulit dalam memahami soal cerita dan kesalahan mengubah tanda operasi hitung. Faktor eksternal seperti guru tidak rutin memberikan latihan soal cerita dan tidak adanya media atau alat peraga matematika. (3) upaya mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu guru harus rutin memberikan latihan soal cerita terutama menambahkan kosakata baru pada siswa tunarungu, penggunaan alat peraga matematika, dan memberikan motivasi serta nasihat.

References

Dewi, A. P. (2019).“Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Dari Resiliensi Matematis”.Skripsi FKIP UPS Tegal.
Hartanti, Y. S. (2015). Penerapan Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Anak Tunarungu (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hasmira, H. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Tunarungu Kelas Dasar III DI SLB YPAC Makassar. FIP.
Hernawati, T. (2007). Pengembangan kemampuan berbahasa dan berbicara anak tunarungu. Jurnal JASSI_anakku, 7(1), 101-110.
Khaerani, A. A., & Sutama, M. P. (2019). Analisis Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Belajar Matematika Di Kelas Inklusi (Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 23 Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kurniawan, B. G. (2014). Profil penyelesaian soal cerita materi operasi hitung campuran siswa kelas III SD Segugus 1 Kecamatan Pesantren Kota Kediri. SKRIPSI Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Lestari , K. E dan M. Ridwan Y. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nisa, T. F. (2011). Pembelajaran Matematika dengan setting model Treffinger untuk mengembangkan kreativitas siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 35-48.
Nuharini, D., & Wahyuni, T. (2008). Matematika 1:Konsep dan Aplikasinya (SMP/MTs Kelas VII). Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Purnama, B. M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Hitung Campuran (Perkalian dan Pembagian) di Kelas II SDN Ngaban. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di smp (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Qoimudin, I. S. (2016). Peningkatan Keterampilan Artikulasi Melalui Pendekatan Visual, Auditori, Kinestik, Taktil (VAKT) Pada Anak Tunarungu Kelas Dasar II Di SLB Wiyata Dharma 1 Tempel. Widia Ortodidaktika, 5(1), 13-22.
Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aritmatika sosial kelas VII. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 59-66.
Simamora, L. (2015). Pengaruh Persepsi tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).
Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta Bandung.
Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.
Wardani, IGAK [et.al.] (2019) Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Yeni, E. M. (2017). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).
Zakiyah, E., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Siswa Kelas IV di MI Hijriyah II Palembang. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 41-50
Published
2021-04-29
How to Cite
Nurhanifah, R. L., Utami, W. B., & Isnani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Tunarungu. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 3(1), 9-19. https://doi.org/10.37729/jipm.v3i1.1047
Section
Articles