PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Tri Yuni Lestari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyoto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada pembelajaran materi pancasila kelas V di SDN Kedungpucang.
Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kedungpucang, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo yang berjumlah 10 peserta didik, tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan bahwa keaktifan peserta didik masih tergolong cukup aktif namun belum memenuhi indikator aktif dengan ratarata nilai 73,33 kategori cukup aktif dan persentase peserta didik yang aktif adalah 20% dan kemampuan berpikir kritis peserta didik rata-rata nilainya pada siklus I yaitu 76,384 kategori cukup baik, namun belum memenuhi indikator keberhasilan dengan minimal rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik kategori baik dan masih ada 30% yang nilainya belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata keaktifan meningkat pada siklus II menjadi 86,66 dengan kategori aktif dan 20% sangat aktif serta 60% aktif dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis meningkat menjadi 89,449 dengan kategori baik dan 100% nilainya tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran scramble dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dan kemampuan berpikir kritis SDN Kedungpucang pada materi pancasila.

Published
2023-08-31
How to Cite
Lestari, T. Y., Suyoto, & Ngazizah, N. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 1-18. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/3630
Section
Articles