Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Research Based Learning untuk Mengoptimalkan Domain Kognitif dan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri 5 Purworejo

  • Listriana Deviyanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Panduan praktikum, Research based learning, Pengembangan, Fisika SMA/MA XI

Abstract

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan panduan praktikum fisika berbasis research based learning untuk mengoptimalkan domain kognitif dan psikomotorik siswa, serta untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa.Subyekpadapenelitianiniadalahsiswakelas XI-MIPA2 SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 siswa. Desain penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dari Brog and Gall. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara,angket,dan dokumentasi. Hasil evaluasi diperoleh rerata skor panduan praktikum dari validasi ahli sebesar 50,5 dan dari guru fisika sebesar 47 yang berkategori baik. Hasil ujicoba penelitian menunjukkan keterlaksanaan praktikum dengan skor rerata 3,12 yang berkategori baik.Rerata pengoptimalan domain kognitif dan psikomotorik siswa sebesar 44,25 dengan kategori baik. Respon siswa terhadap panduan praktikum memperoleh skor 45,85 dengan kategori baik. Dengan demikian panduan praktikum ini layak digunakan dalam pembelajaran fisikauntuk mengoptimalkan domain kognitif dan psikomotorik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-28
How to Cite
Deviyanti, L., Ashari, A., & Kurniawan, E. S. (2017). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Research Based Learning untuk Mengoptimalkan Domain Kognitif dan Psikomotorik Siswa di SMA Negeri 5 Purworejo. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(2), 43-48. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/199
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>