Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Pada Peserta Didik

  • Fikriyani Zakariya Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Discovery learning, Keterampilan proses dasar, Modul, Pengembangan

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan modul berbasis discovery learningyang layak dan dapat meningkatkan keterampilan proses dasar pada peserta didik. Model pengembangan mengacu pada ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation, Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Purworejo dan dilaksanakan di SMA Negeri 11 Purworejo dengan subyek penelitian yaitu peserta didik kelas X1 dan X4 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 5 peserta didik pada tahap uji coba terbatas dan 31 peserta didik pada tahap uji coba luas. Hasil analisis data yaitumodul berbasis discovery learning yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi modul berbasis discovery learning yang dikembangkan diperoleh dari empat validator yaitu dua dosen ahli dan dua guru fisika diperoleh rerata 4,31. Uji reliabilitas diperoleh percentage agreement 96,5%. Respon peserta didik terhadap modul berbasis discovery learning dalam uji coba terbatas adalah baik. Berdasarkan analisis data keseluruhan aspek didapatkan skor aktual 284, sehingga diperoleh rerata 3,79; peningkatan keterampilan proses dasar peserta didik termasuk kategori peningkatan sedang. Persentase keterampilan proses dasar sebesar 73,94%, sehingga diperoleh gain 0,56; respon peserta didik terhadap modul berbasis discovery learning yang telah dikembangkan yaitu sangat baik, dengan rerata 4,24. Dengan demikian, modul berbasis discovery learning yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan proses dasar pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-09-30
How to Cite
Zakariya, F., Ngazizah, N., & Sriyono, S. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Pada Peserta Didik. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 9(1), 30-36. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/212
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>