Diagnosis Kesalahan Siswa Kelas XI IPA Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Berdasarkan Literasi Sains di SMA Negeri 5 Purworejo
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui persentase siswa kelas XI.IPA yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal fisika berdasarkan literasi sains di SMA Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode analisis dokumen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan jumlah 93 siswa. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumen. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal UKK fisika SMA kelas XI.IPA dan lembar jawab siswa kelas XI.IPA semester II SMA Negeri 5 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase kesalahan siswa kelas XI.IPA dalam menyelesaikan soal fisika berdasarkan literasi sains di SMA Negeri 5 Purworejo diperoleh pada aspek konten atau pengetahuan 34,40% dan aspek konteks aplikasi 45,44%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata persentase kesalahan siswa kelas XI.IPA dalam menyelesaikan soal fisika berdasarkan literasi sains termasuk pada kategori sangat rendah.