Pengaruh Simulasi Physics Education Of Technology (PhET) Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Mukti Herdiana Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Simulasi, PhET, Keaktifan, Hasil belajar

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen semu untuk mengetahui pengaruh keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan simulasi Physics Education of Technology (PhET) pada kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo. Sampel dalam penelitian sejumlah 20 siswa untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen sejumlah 20 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dan angket. Analisis data angket menggunakan teknik deskriptif persentase dan data hasil belajar menggunakan uji Non Parametrik Wilcoxon. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji Non Parametrik Wilcoxon pada hasil belajar siswa. Dengan α = 0.05 menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar 0,001, nilai signifikansi 0,001 < 0,05 artinya H0 diterima dan H1 ditolak.Analisis data angket memperoleh perbedaan dengan persentase kelas eksperimen diperoleh persentase sebesar 63,50% dan kelas kontrol diperoleh sebesar 61,95%. Hal ini menunjukkan simulasi Physics Education of Technology (PhET) berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-04-29
How to Cite
Herdiana, M., Kurniawan, E. S., & Ashari, A. (2016). Pengaruh Simulasi Physics Education Of Technology (PhET) Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Kutoarjo Tahun Pelajaran 2015/2016. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 8(1), 38-43. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/229
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>