Efektivitas Model Pembelajaran Novick dalam Meningkatkan Daya Serap dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Sari Istiqomah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Hasil Belajar, Daya Serap, Novick

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) guna mengetahui efektivitas model pembelajaran Novick terhadap daya serap dan hasil belajar siswa di SMA Negeri 5 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Purworejo tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 2 kelas sebanyak 64 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental), bentuk yang digunakan dalam eksperimen semu (quasy experiment) ini yaitu bentuk Nonequivalent Control Group Design. Data yang diperoleh dianalisis dengan One-Way Anava berbantuan komputer program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran Novick efektif terhadap daya serap siswa.(2) Model pembelajaran Novick efektif terhadap hasil b

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-30
How to Cite
Istiqomah, S., Maftukhin, A., & Nurhidayati, N. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Novick dalam Meningkatkan Daya Serap dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 7(1), 47-50. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/255
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>