Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dengan Media Questions Box Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Wiwit Agus Setiyani Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: RTE, Questions Box, Hasil Belajar

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen semu guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dengan media Questions Box terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini semua siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Karanganyar yang berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar yang telah memenuhi syarat tingkat kesukaran, daya beda, validitas, dan reliabilitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan α = 0.05 menunjukkan (1) tobservasi = 5,413 > 1,6698 artinya Ho ditolak ( ????0,05:62 = 1,6698; DK = t/t < -1,6698 atau t > 1,6698), (2) thitung = 7,21 > 1,69389 dengan keputusan uji Ho ditolak (????0,05:32 = 1,69389; DK = t/t < -1,69389 atau t >1,69389). Hal ini menunjukkan (1) model pembelajaran RTE dengan media Questions Box memberikan hasil belajar fisika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (2) model pembelajaran RTE dengan media Questions Box berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-09-30
How to Cite
Setiyani, W. A., Maftukhin, A., & Kurniawan, E. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dengan Media Questions Box Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 7(1), 57-62. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/257
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>