Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Kelas XI.IPA Semester II SMA se-Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014

  • Umi Mukhiyatun Khasanah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Kecerdasan emosional, Prestasi

Abstract

Telah dilakukan penelitian  yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana  pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika  siswa kelas XI.IPA Smester II SMA se-Kabupaten Kebumen. Penelitian dilakukan di SMA di Kabupaten Kebumen dengan startified random sampling, sempel berjumlah 243  siswa kelas XI.IPA SMA se-Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi  dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fisika dengan nilai sign. perhitungan (0,517 > 0,005), terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika dengn sumbangan mandiri 2,8%, terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap kecerdasan emosional dengan sumbangan mandiri 33,9% dan terdpat pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI.IPA SMA se-Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2013/2014

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-04-30
How to Cite
Khasanah, U. M., Kurniawan, E. S., & Sriyono, S. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Kelas XI.IPA Semester II SMA se-Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(2), 37-39. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/291
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>