Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika Kelas XI.IPA Semester II SMA se-Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI.IPA Smester II SMA se-Kabupaten Kebumen. Penelitian dilakukan di SMA di Kabupaten Kebumen dengan startified random sampling, sempel berjumlah 243 siswa kelas XI.IPA SMA se-Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fisika dengan nilai sign. perhitungan (0,517 > 0,005), terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika dengn sumbangan mandiri 2,8%, terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap kecerdasan emosional dengan sumbangan mandiri 33,9% dan terdpat pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas XI.IPA SMA se-Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2013/2014