Implementasi Performance Assessment untuk Pengoptimalan Kinerja Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren Tahun Pelajaran 2013/2014

  • Titis Laksanawati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Performence assesment, Kinerja siswa

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna mengetahui implementasi performance assessment untuk pengoptimalan kinerja siswa kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen tahun pelajaran 2013/2014.Subjek penelitian adalah siswa kelas X.4 SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 22 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode: tes, observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan implementasi performance assessment dapat mengoptimalkan kinerja siswa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata persentase kinerja siswa pada setiap siklus. Sebelum mengimplementasikan performance assessment persentase kinerja siswa 30,78 %. Meningkat menjadi 68,78 % pada siklus I dan meningkat menjadi 81,78 % pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar pra siklus 55 dengan persentase tingkat ketuntasan 30 %, meningkat menjadi 65,17 dengan tingkat persentase ketuntasan kelas 53,33 % pada siklus I dan meningkat menjadi 74,67 dengan persentase tingkat ketuntasan kelas menjadi 96,67 % pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-09-30
How to Cite
Laksanawati, T., Sriyono, S., & Maftukhin, A. (2014). Implementasi Performance Assessment untuk Pengoptimalan Kinerja Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren Tahun Pelajaran 2013/2014. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(2), 37-40. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/355
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>