Peningkatan Motivasi Berprestasi IPA Fisika dengan Memanfaatkan Computer Assisted Instruction (CAI) Pada Siswa Smp Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013
Abstract
Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) guna mengetahui peningkatan motivasi berprestasi siswa dengan memanfaatkan Computer Assisted Insruction (CAI). Subyek dari penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Purworejo, yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 18 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif persentase, sedangkan data yang diperoleh berupa data kualitatif persentase. Dari hasil penelitian diperoleh sebelum pemanfaatan media Computer Assisted Insruction (CAI), persentase nilai rata-rata motivasi berprestasi siswa 40,67% pada pra siklus. Setelah menggunakan media Computer Assisted Insruction (CAI), pada siklus I persentase nilai rata-rata motivasi berprestasi siswa meningkat menjadi 73,51% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,44% setelah diberi tindakan siklus II pada lembar observasi motivasi berprestasi siswa. Berdasarkan lembar angket motivasi berprestasi siswa diperoleh deskripsi persentase sebesar 66,17% pada siklus I meningkat menjadi 75,70% setelah diberikan tindakan siklus II. Peningkatan motivasi berprestasi siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata nilai siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 58,10 pada pra siklus menjadi 71,00 pada siklus I dengan nilai tertinggi 90 sebanyak 4 anak dan nilai terendah 60 sebanyak 13 anak. Kemudian meningkat menjadi 76,33 dengan nilai tertinggi 90 sebanyak 3 anak dan nilai terendah 60 sebanyak 4 anak serta prosentase ketuntasan sebesar 86,67% setelah diberi tindakan II. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah pemanfaatan media Computer Assisted Instruction (CAI) dapat meningkatkan motivasi berprestasi IPA Fisika siswa rata-rata sebesar 80,07% kelas VIII B SMP Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013