Penerapan Hand Out Berbasis Animasi Flash Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Islam Sudirman Bruno Tahun Pelajaran 2012 / 2013

  • Siti Animah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Raden Wakhid Akhdinirwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Hand Out, Animasi Flash, Pemahaman Konsep

Abstract

Telah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep fisika dengan menerapkan hand out berbasis animasi flash. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Islam Sudirman Bruno Tahun Pelajaran 2012 / 2013, subyek penelitian adalah kelas X-1 dengan jumlah siswa 21 yang terdiri dari 9 siswa putra dan 12 siswa putri. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan hand out berbasis animasi flash pemahaman konsep siswa meningkat, yang dapat dilihat dari ketuntasan klasikal pra siklus sebesar 33,33% dan setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 71,43% dan pada siklus II meningkat menjadi 90,48%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan hand out berbasis animasi flash dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Animah, S., Ashari, A., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). Penerapan Hand Out Berbasis Animasi Flash Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Islam Sudirman Bruno Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 129-132. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/431
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>