Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo

  • Neneng Paisah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Raden Wakhid Akhdinirwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Media Kokami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan penerapan media kotak dan kartu misterius (Kokami). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP 25 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013, yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 18 siswa laki - laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. Hal tersebut terlihat dari data hasil observasi, keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari 32,97% pada pra siklus menjadi 59,06% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 71,80% pada siklus II. Persentase angket keterampilan berpikir kritis meningkat 49,69% pada pra siklus menjadi 67,19% pada siklus I dan menjadi 74,69% pada siklus II. Peningkatan keterampilan berpikir kritis ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 57,69 dengan ketuntasan 15,63% pada pra siklus menjadi 66,88 dengan ketuntasan 40,63% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 75,31 dengan ketuntasan 71,88% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-04-30
How to Cite
Paisah, N., Fatmaryanti, S. D., & Akhdinirwanto, R. W. (2013). Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 28-32. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/469
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>