Peningkatan Aktivitas Belajar Fisika melalui Pembelajaran Preferensi Sensori pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo

  • Hadi Handhoko Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Raden Wakhid Akhdinirwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pembelajaran Preferensi Sensor, Aktivitas Belajar Fisika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Purworejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Negeri 10 Purworejo melalui pembelajaran preferensi sensori. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Purworejo. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 10 Purworejo yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode tes siklus, dan metode angket. Analisis pengolahan data dilakukan dengan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian pada tahap pra siklus aktivitas belajar siswa di kelas adalah 39,41%, meningkat menjadi 68,94% setelah diberi tindakan pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 84,95% setelah diberi tindakan pada siklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pembelajaran preferensi sensori dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-04-30
How to Cite
Handhoko, H., Akhdinirwanto, R. W., & Ashari, A. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Fisika melalui Pembelajaran Preferensi Sensori pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo . Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 4(1), 44-47. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/435
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>