Penggunaan Strategi Kontrukticisme dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VIII E SMP N 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013

  • Irfan Saputra Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Strategi Konstruktivisme, Partisipasi Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan penggunaan strategi konstruktivisme dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan partisipasi siswa kelas VIII E SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SMP Negeri 22 Purworejo. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan bulan Mei tahun 2013 dengan pokok bahasan Cahaya dan Optik. Pengumpulan data menggunakan empat teknik, yaitu: angket, lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi konstruktivisme dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan partisipasi siswa di kelas VIII E SMP Negeri 22 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dilihat dari hasil observasi partisipasi siswa, diperoleh persentase rata-rata 32,86% pada pra siklus, 37,14% pada siklus I dan meningkat menjadi 77,86% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata-rata awal 56,6 menjadi 63,44 pada siklus I dan menjadi 75,51 pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Saputra, I., Sriyono, S., & Nurhidayati, N. (2013). Penggunaan Strategi Kontrukticisme dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Kelas VIII E SMP N 22 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 158-160. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/440
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>