Pengembangan Student Worksheet dengan Pendekatan Discovery untuk Mengoptimalkan Ketrampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Gelombang Elektromagnetik Kelas X SMA Negeri 1 Grabag Magelang

  • Beta Nur Aristu Putri Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Student Worksheet, Pendekatan Discovery, Pengembangan, Fisika SMA X

Abstract

Telah dilakukan penelitian Research and Development (R&D) student worksheet dengan pendekatan discovery untuk mengoptimalkan ketrampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang elektromagnetik. Sebagai subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 1 Grabag Magelang tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei dan Juni tahun 2013 dengan 4 kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, angket dan post-test. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Percentage Agreement (PA). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase skor dari dosen ahli sebesar 85%, guru fisika sebesar 90,23% dan teman sejawat sebesar 91% dengan kriteria baik sehingga Student Worksheet ini layak digunakan sebagai bahan ajar dengan sedikit revisi. Rerata keterlaksanaan pembelajaran dari dua observer 93,33% dengan kriteria sangat baik. Rerata ketercapaian belajar peserta didik dengan menggunakan Student Worksheet mencapai 84,98 untuk pembelajaran dengan Student Worksheet dan 78,75 untuk post-test sehingga mencapai KKM 75. Respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan mendapatkan persentase sebesar 80,33% dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Student Worksheet ini layak digunakan sebagai bahan ajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Putri, B. N. A., Ngazizah, N., & Kurniawan, E. S. (2013). Pengembangan Student Worksheet dengan Pendekatan Discovery untuk Mengoptimalkan Ketrampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Gelombang Elektromagnetik Kelas X SMA Negeri 1 Grabag Magelang. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 170-173. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/443
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>