Penerapan Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Alat Peraga Sederhana yang Mudah Didapat untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada SMP Negeri 2 Ambal Kebumen

  • Nur Faikoh Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Sriyono Sriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: : Contextual Teaching and Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL, sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP NEGERI 2 Ambal. Subyek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII B SMP NEGERI 2 Ambal yang berjumlah 32 siswa, 16 siswa perempuan, 16 siswa laki-laki. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) menggunakan alat peraga sederhana dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika. Hal ini ditandai dengan meningkatnya pemahaman belajar siswa pada tiap siklusnya. Hasil observasi pemahaman belajar fisika dari pra siklus yang mempunyai persentase 63% meningkat menjadi 74% pada siklus I dan meningkat menjadi 87% pada siklus II. Serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari pra siklus dengan persentase 54% meningkat menjadi 60% pada siklus I dan meningkat menjadi 77% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Faikoh, N., Sriyono, S., & Maftukhin, A. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Menggunakan Alat Peraga Sederhana yang Mudah Didapat untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada SMP Negeri 2 Ambal Kebumen. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(2), 186-188. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/448
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>