Pengembangan LKS Fisika SMA Kelas X Semester II dengan Website Online Berbasis Contextual Teaching Learning

  • Fitriyati Fitriyati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Eko Setyadi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: LKS, Website Online, Pengembangan, Fisika SMA X

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan (R&D) guna menghasilkan, mengetahui respon siswa dan mengetahui kelayakan LKS hasil pengembangan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-6 MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. LKS hasil pengembangan ini merupakan LKS yang disampaikan menggunakan website online dalam bentuk webblog dengan memanfaatkan fasilitas domain di www.blogger.com dan dapat diakses melalui www.lksfisikasma.blogspot.com. Materi yang dikembangkan adalah materi Fisika SMA kelas X semester 2. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan Presentase dan Precentage Agreement. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata skor dari ahli media sebesar 3,46, ahli materi sebesar 3,50 dan guru Fisika sebesar 3,40 dengan interpretasi “baik” sehingga LKS ini layak sebagai media pembelajaran dengan sedikit revisi. Rerata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,47% dengan interpretasi “sangat baik”. Ketercapaian hasil belajar dengan post-test sebesar 79,75. Respon siswa terhadap LKS mendapat skor 3,17 dengan interpretasi “baik”. Dengan demikian LKS Fisika SMA kelas X semester II dengan website online berbasis Contextual Teaching Learning dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada tingkat SMA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-09-30
How to Cite
Fitriyati, F., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan LKS Fisika SMA Kelas X Semester II dengan Website Online Berbasis Contextual Teaching Learning. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 7-11. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/451
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>