Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri tehadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akdemik 2013/2014

  • Edi Haryono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Raden Wakhid Akhdinirwanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Keaktifan Berorganisasi, Konsep Diri, Indeks Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kekatifan berorganisasi dan konsep diri terhadap indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh yang positif antara keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dengan sumbangan mandiri masing-masing sebesar 23,20% dan 46,40%. Dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dan konsep diri terhadap indeks prestasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika secara bersama-sama sebesar 54,60%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka mahasiswa hendaknya tidak perlu takut untuk mengikutsertakan dirinya dalam sebuah orgaisasi dan hendaknya mahasiswa mengembangkan konsep diri yang positif guna meningkatkan prestasi akademik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-04-30
How to Cite
Haryono, E., Akhdinirwanto, R. W., & Ashari, A. (2014). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri tehadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akdemik 2013/2014. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 4(1), 78-80. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/462
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>