Pengembangan Authentic Assessment Untuk Mengukur Sikap, Proses, Dan Penerapan Dalam Pembelajaran Fisika Pada Siswa SMA Negeri 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/ 2013
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan authentic assessment untuk mengukur sikap, proses, dan penerapan dalam pembelajaran fisika. Subyek dari penelitian yang dilakukan adalah siswa kelas X. 4 SMA Negeri 9 Purworejo yang berjumlah 24 siswa tahun pelajaran 2012/ 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development berupa model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari tahap potensi dan masalah sampai pada tahap revisi produk awal. Hasil penelitian produk pengembangan authentic assessment untuk mengukur sikap, proses, dan penerapan terdiri dari rubrik dan lembar pengamatan penilaian yang baik dan reliabel. Tingkat ketercapaian authentic assessment untuk mengukur sikap pada materi optika geometris yaitu sebesar 91% dengan nilai 3,63, tingkat ketercapaian authentic assessment untuk mengukur proses pada materi optika geometris yaitu sebesar 86% dengan nilai 3,45, tingkat ketercapaian authentic assessment untuk mengukur penerapan pada materi optika geometris yaitu sebesar 85% dengan nilai 3,4.