Kontribusi Pendapatan Ibu Rumah Tangga Pada Usaha Industri Emping Melinjo dalam Peningkatan Pendapatan Keluarga (Studi Kasus di Desa Gondanglegi Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen)

  • Agil Wahyu Gestian Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Uswatun Hasanah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Isna Windani Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Emping Melinjo, Industri Rumah Tangga, Kontribusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui tahapan proses produksi emping melinjo di desa Gondanglegi kecamatan Ambal kabupaten Kebumen. 2). Mengetahui besarnya biaya, penerimaan, pendapatan dan keuntungan dari usaha industri rumah tangga emping melinjo di desa Gondanglegi kecamatan Ambal kabupaten Kebumen. 3). Mengetahui sumber pendapatan keluarga pengrajin emping melinjo desa Gondanglegi kecamatan Ambal kabupaten Kebumen. 4). Mengetahui kontribusi pendapatan ibu rumah tangga pada usaha industri emping melinjo di desa Gondanglegi kecamatan Ambal kabupaten Kebumen dalam peningkatan pendapatan keluarga.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif.  Pengambilan sampel daerah penelitian dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang diambil adalah Ibu Rumah Tangga pengrajin dan pemilik usaha industri emping melinjo di desa Gondanglegi kecamatan Ambal kabupaten Kebumen berjumlah 83.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan proses produksi emping melinjo dimulai dari biji melinjo klatak, penyangraian biji melinjo, pengupasan kulit keras biji melinjo, pemipihan melinjo, pengeringan (penjemuran) dan pembungkusan. Rata-rata biaya produksi dalam satu bulan sebesar Rp 3.477.368, rata-rata pendapatan sebesar Rp 1.941.249, dan keuntungan sebesar Rp 1.075.554. Jumlah pendapatan keluarga pengrajin emping melinjo dalam satu bulan sebesar Rp 3.758.651 pendapatan tersebut berasal dari pendapatan suami pengrajin yang berbeda-beda profesi yaitu sebagai petani, karyawan swasta, dan pedagang sebesar Rp 1.817.402, dan pendapatan ibu rumah tangga dari usaha emping melinjo sebesar Rp 1.941.249. Kontribusi pendapatan ibu rumah tangga pada industri emping melinjo dalam peningkatan pendapatan keluarga pengrajin emping melinjo desa Gondanglegi kecamatan Ambal kabupaten Kebumen adalah 51,64%.

 

Kata Kunci: Emping Melinjo, Industri Rumah Tangga, Kontribusi

Published
2022-09-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>