Tataniaga Cabai Merah Keriting (Capsicum Annum L.) di Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo

  • Firman Edi Wibowo Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dyah Panuntun Utami Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Istiko Agus Wicaksono Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: tataniaga, cabai merah keriting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui saluran tataniaga cabai merah keriting di Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, 2) Mengetahui biaya margin dan keuntungan tataniaga cabai merah keriting pada masing-masing saluran tataniaga di Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, 3) Mengetahui bagian harga yang diterima petani  (farmer’s share) di Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo, 4) Mengetahui efisiensi tataniaga cabai merah keriting di Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo,

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Analisis yang digunakan adalah metode survey untuk  mengetahui saluran tataniaga margin dan keuntungan tataniaga, bagian harga yang diterima petani dan efisiensi tataniaga. Sampel petani dipilih dengan metode proportional random sampling dan sampel pedagang ditentukan dengan menggunakan metode snowball.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran tataniaga cabai merah keriting di Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo terdiri dari 4 saluran, yaitu saluran 1 adalah dari petani – pedagang pengepul – pedagang pengecer – konsumen, saluran 2, 3 dan 4 adalah dari petani – pedagang pengepul – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen. Biaya tataniaga terbesar dikeluarkan oleh pedagang pengepul yaitu, Rp 2001/Kg. Margin Tataniaga terbesar pada saluran 2, 3 dan 4 adalah sebesar Rp 7.000/Kg. Keuntungan tataniaga terbesar pada saluran 3 adalah sebesar Rp 5237/Kg.  Farmer’s Share masih di bawah 50% pada saluran 1 adalah 57,14%, saluran 2 adalah  36,36%, saluran 3 adalah 36,36% dan saluran 4 adalah 47,67%. Hal ini menunjukkan bahwa tataniaga cabai merah keriting di Desa Bedono Kluwung Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo belum efisien, karena farmer’s share lebih dominan kurang dari 50%.

 

Kata Kunci : tataniaga, cabai merah keriting

Published
2023-03-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>