Strategi Pengambangan Usaha Pengolahan Kopi Robusta (Studi Kasus di Kelompok Tani Maju Mukti Desa Tembelang Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo)

  • Zaenul Abidin Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Istiko Agus Wicaksono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Didik Widiyantono Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: kopi robusta, strategi swot, qspm

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dari kelompok tani Maju Mukti untuk mengembangkan usaha pengolahan kopi robusta, 2) faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang berasal dari luar kelompok tani Maju Mukti untuk mengembangkan usaha pengolahan kopi robusta, 3) strategi yang dapat dilakukan kelompok tani Maju Mukti dalam mengembangkan usaha pengolahan kopi robusta, 4) prioritas strategi yang dapat diterapkan kelompok tani Maju Mukti dalam pengembangan usaha pengolahan kopi robusta.

Metode dasar yang diterapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang menggunakan metode studi kasus. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling. Sampel yang diambil terdiri dari 4 informan kunci dan 4 informan pendukung.

Hasil penilitian menunjukkan perumusan prioritas strategi yang dapat diterapkan kelompok tani Maju Mukti 1) pembuatan akun media sosial, market place dan website sebagai sarana promosi untuk mengoptimalkan kelompok tani dalam pemasaran, 2) memaksimalkann produktivitas kopi dengan meningkatkan  quality control  sehingga mempertahankan cita rasa yang khas, 3) mengedukasi generasi muda untuk menumbuhkan minat terhadap pertanian dan budidaya kopi.

 

Kata Kunci: kopi robusta, strategi swot, qspm

Published
2023-03-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>