Analisis Model Bisnis Canvas Sebagai Strategi Bisnis di CV Sidomulyo Orchid Kabupaten Magelang

  • Indah Nur Aini`i Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Didik Widiyantono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dyah Panuntun Utami Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: BMC, strategi bisnis, SWOT, QSPM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Merumuskan analisis model bisnis berbasis Business Model Canvas (BMC) yang dijalankan CV Sidomulyo Orchid. 2) Merumuskan hasil analisis faktor IFAS CV Sidomulyo Orchid berdasarkan analisis BMC. 3) Merumuskan hasil analisis faktor EFAS CV Sidomulyo Orchid berdasarkan analisis BMC. 4) Merumuskan strategi bisnis CV Sidomulyo Orchid berdasarkan analisis SWOT. 5) Merumuskan alternatif strategi bisnis CV Sidomulyo Orchid berdasarkan analisis QSPM.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode penentuan tempat penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Metode analisis data menggunakan Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT, dan Analisis QSPM.Hasil penelitian menunjukkan analisis Business Model Canvas di CV Sidomulyo Orchid sudah dilakukan pada 9 elemen, namun terdapat beberapa kelemahan yang ada dalam Business Model Canvas yang diterapkan oleh CV Sidomulyo Orchid. Kelemahan tersebut terdapat pada key partners, channels, dan key resources. Prioritas strategi yang dapat diterapkan dalam strategi bisnis di CV Sidomulyo Orchid yaitu melakukan pelatihan tentang pembudidayaan bibit tanaman anggrek dengan nilai TAS yaitu 6,67, meningkatkan promosi tanaman anggrek melalui media social, dan marketplace dengan nilai TAS yaitu 6,59, dan memperluas pemasaran melalui online seperti marketplace dengan nilai TAS yaitu 6,36.

 

Kata Kunci: BMC, strategi bisnis, SWOT, QSPM

Published
2024-03-29
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>