Strategi Pengembangan Usaha Bunga Krisan di Five Florist Berbasis Business Model Canvas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Merumuskan hasil analisis model bisnis di Five Florist berbasis BMC, 2) Merumuskan hasil analisis faktor IFAS Five Florist berdasarkan analisis BMC, 3) Merumuskan hasil analisis faktor EFAS Five Florist berdasarkan analisis BMC, 4) Merumuskan strategi pengembangan usaha Five Florist berdasarkan analisis SWOT dan 5) Merumuskan alternatif strategi Five Florist melalui analisis QSPM. Metode penentuan tempat penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Metode analisis data yang digunakan bersifat kualitatif menggunakan Business Model Canvas (BMC), Analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan Business Model Canvas yang dilakuan Five Florist sudah tepat dilakukan pada 9 elemen, yaitu Sumber daya kunci (Key Partner), Aktivitas kunci (Key Activity), Proposisi nilai (Value Proposition), Hubungan dengan pelanggan (Customer Relationship), Segmen pelanggan (Customer Segmen), Sumber daya utama (Key Resource) Saluran (Channel), Struktur biaya (Cost Structure) dan Aliran pendapatan (Revenue Stream). Five Florist masih lemah dalam memanfaatkan channel, Five Florist hanya menggunakan media whatsapp sebagai transaksi penjualan dan promosi secara online, 2) Faktor kekuatan utama Five Floris adalah kualitas bunga krisan dengan skor 0,51. Sedangkan faktor kelemahan utama adalah merk belum dikenal masyarakat secara luas dengan skor 0,11. 3) Faktor peluang utama Five Florist adalah moment dihari besar dapa meningkakan omzet dengan skor 0,54. Sedangkan ancaman yang dimiliki oleh Five Florist pesaing bunga krisan yang cukup banyak dengan skor 0,20. 4) Usaha Five Florist berada pada posisi sel II, dimana strategi yang baik unuk digunakan adalah tumbuh dan kembangkan, strategi ini terdiri dari strategi integrasi dan strategi intensif. 5) Prioritas alternatif strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan usaha bunga krisan di Five Florist yaitu memanfaatkan kualitas warna bunga krisan untuk pengembangan bunga krisan dapat dilakukan dengan menyediakan paket rangkaian buket untuk momen khusus, memanfaatkan berkembangnya teknologi digital marketing untuk mengoptimalkan promosi dan pemasaran online Five Florist, termasuk penggunaan media sosial, SEO, konten berkualitas, dan iklan online untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan omzet penjualan dan menambah mitra pemasaran di dalam kota atau luar kota pada tempat tertentu seperti tempat pariwisata atau pasar bunga untuk menjangkau pelanggan potensial.
Kata kunci: bunga krisan, BMC, SWOT, QSPM