Pengaruh Peran Teman Sebaya dan Manajemen Waktu Terhadap Capaian Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan peran teman sebaya terhadap capaian hasil belajar siswa, manajemen waktu terhadap capaian hasil belajar siswa, peran teman sebaya dan manajemen waktu secara bersama-sama terhadap capaian hasil belajar siswa. Penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel random sampling. Populasi 107 siswa, tingkat kesalahan 5% sampel 84 siswa. Pengumpulan data metode angket dan analisis dokumen. Analisis data analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis penelitian ini menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan antara peran teman sebaya terhadap capaian hasil belajar siswa dengan (rx1y) = 0,225; r2= 0,0133, dalam kategori baik sebesar 49%. Ada pengaruh positif dan signifikan antara manajemen waktu terhadap capaian hasil belajar siswa dengan (rx2y) = 0,367; r2= 0,0210, dalam kategori cukup sebesar 61%. Ada pengaruh positif dan signifikan antara peran teman sebaya dan manajemen waktu secara bersama-sama terhadap capaian hasil belajar siswa dengan R= 0,500; r2= 0,0250, sebesar 25% dan sisanya 75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.