Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi

  • Eka Lestari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Cahyo Apri Setiaji Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Group Investigation, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Purworejo dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Purworejo yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode  tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh adalah nilai sebagai data primer, serta hasil observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif yang dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk presentase.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Purworejo. Pada Pra Siklus diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 63,72 dengan presentase ketuntasan 40% kemudian meningkat  sebesar 37,1%  pada Siklus I rata-rata menjadi 73 dengan presentase ketuntasan 77,1%.  Pada Siklus II kembali terjadi peningkatan sebesar 14,3% dengan nilai rata-rata siswa menjadi 80 dan presentase ketuntasan siswa sebesar 91,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Purworejo.

Published
2023-11-30
How to Cite
Lestari, E., & Setiaji, C. A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi . Surya Edunomics, 9(1), 7-12. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/4203
Section
Articles