Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatakan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik

  • Fitria Amanda Sari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Umi Pratiwi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Media pembelajaran, Interaktif, Articulate storyline, Berpikir kreatif

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik dapat dipengaruhi oleh kurangnya penerapan media pembelajaran di kelas. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran media pembelajaran fisika menggunakan software articulate storyline untuk meningkatakan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang dilihat dari kevalidan media pemeblajaran fisika menggunakan software articulate storyline, kepraktisan media pembelajaran fisika menggunakan software articulate storyline, dan keefektifan media pembelajaran fisika menggunakan software articulate storyline. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yaitu Analiysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik XI MIPA 3 SMA N 11 Purworejo. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kelayakan media pembelajaran berbasis software articulate storyline yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran fisika serta dapat meningkatakan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-31
How to Cite
Sari, F. A., Pratiwi, U., & Fatmaryanti, S. D. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatakan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1), 24-32. https://doi.org/10.37729/jips.v3i1.1146
Section
Articles