Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA

  • Mirna Yustiani Ningsih Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Efendi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Septi Budi Sartika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Model, PjBL, Berpikir kreatif

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan  model Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa. Metode penelitian kuantitatif pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design yang diujikan kepada satu kelas eksperimen dengan menggunakan instrumen penilaian berupa soal tes berbentuk essay sebanyak 4 soal untuk mengetahui berpikir kreatif siswa. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII di SMP Dharma Wirawan 3 Tanggulangin. Analisis data menggunakan uji-t melalui aplikasi IBM SPSS 23.0. Hasil penelitian ini persentase berpikir kreatif siswa setelah di diberikan perlakuan menggunakan model Project Based Learning dapat dihitung dari setiap indikator dalam soal. Berdasarkan hasil analisis uji-t menggunakan paired simple t-test diperoleh nilai signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05; kelas eksperimen berpengaruh pada model Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning terhadap berpikir kreatif siswa berada pada katagori baik setelah diterapkan model Project Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-30
How to Cite
Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 42-51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403
Section
Articles