Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis App Inventor Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA

  • Riani Putri Lestari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran, App Inventor, Literasi sains

Abstract

Literasi sains menjadi bagian penting dalam pembelajaran di era pandemi covid-19 saat ini. Salah satu media pembelajaran berbasis smartphone dirasa perlu agar memudahkan peserta didik belajar serta dapat meningkatkan kemampuan literasi sains. Dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis App Inventor pada smartphone android. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Purworejo dengan subjek penelitian 77 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket peserta didik, tes hasil belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data yaitu: (1) hasil validasi media pembelajaran berbasis App Inventor mendapatkan nilai keseluruhan sebesar 3,59, termasuk kategori sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran. Uji reliabilitas diperoleh percentage agreement 97,8% sehingga data yang dihasilkan reliabel. (2) peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis App Inventor diperoleh N-gain 0,38 termasuk kategori peningkatan sedang. Dengan demikian media pembelajaran berbasis App Inventor pada smartphone android yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan literasi sains kelas X  SMA

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-31
How to Cite
Putri Lestari, R., Ashari, A., & Nurhidayati, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis App Inventor Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(1), 18-24. https://doi.org/10.37729/jips.v2i1.586
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>