Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Konvensional Untuk Meningkatkan Minat Belajar Kelas XI TKRO di SMK Pancasila 1 Kutoarjo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas XI TKRO di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa kelas XI TKRO SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian yang berupa angket. Analisis data menggunakan tabel distribusi frekuensi dan tabel presentase. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desan penelitian tindakan kelas (classroom action research) Penelitian ini berupa penelitan deskriptif pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama 2 siklus. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif Dari hasil penelitian terdapat perbedaan minat belajar siswa kelas XI TKRO SMK Pancasila 1 Kutoarjo setelah menggunakan media pembelajaran dengan rata-rata siklus I 58,46 dan untuk siklus II mendapatkan rata-rata 64,03. Terdapat kenaikan hasil minat belajar dengan mencapai presentase sebesar 80%.