Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Peer Teaching Pada Teknik Listrik Dasar Otomotif
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah 1 Muntilan pada materi pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO) dengan menggunakan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Pengambilan sampel menggunakan metode conviniente sampling. Total jumlah sampel menjadi 30 responden. Penelitian ini menggunakan Metode observasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik menggunakan analisis statistic N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran mengunakan metode peer teaching (tutor sebaya) di SMK Muhammadiyah 1 Muntilan menunjukkan peningkatan persentase minat dan hasil belajar siswa.Hasil minat belajar siswa pada siklus 1 di peroleh data rata-rata persentase sebesar 49,6%, termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus 2 minat belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase 74% termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar pra siklus rerata 56,6 dengan presentasi siswa dibawah KKM sebesar 83,3%, Pada nilai pada siklus I, memiliki peningkatan rata-rata menjadi 72,8 siswa yang belum memenuhi KKM 14 siswa (46,7%) dan siswa yang telah memenuhi KKM sebanyak 16 siswa (53,3%).Hasil belajar nilai pada siklus II juga mengalami peningkatan rerata sebesar 80,47 yaitu siswa yang telah memenuhi KKM bertambah menjadi 21 siswa (70%) sedangkan siswa yang belum memenuhi KKM menurun menjadi 9 siswa (30%) dari jumlah 30 siswa.