Implementasi Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Salam

  • Bambang Sudarsono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Hasil belajar, Quantum teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah I Salam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berhasil mencapai indikator keberhasilan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah I Salam yang berjumlah 36 siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest dan lembar postest. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan persentase dan rerata. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai siswa sebelum memanfaatkan metode Quantum Teaching adalah siklus I meningkat menjadi 74 dan lebih meningkat lagi pada siklus II yaitu menjadi 82. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Muhammadiyah I Salam dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching.

Published
2019-01-31
How to Cite
Sudarsono, B. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Salam. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(1), 75-80. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/538
Section
Articles