Implementasi Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen

  • Bambang Sudarsono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Think pair share, Aktivitas belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar l belajar siswa dalam pembelajaran materi Alat Ukur di SMK Ma’arif 1 sebelum dan sesudah penerapan metode Think Pair Share. Penelitian merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajara pada kelas X TDSM SMK Ma’arif 1 Kebumen yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Think Pair Share dalam pembelajaran materi sistem bahan di SMK Ma’arif 1 Kebumen dilakukan sesuai tahapan pelaksanaannya, yaitu tahapan think (berfikir), pair (berpasangan) dan share (berbagi) dengan pembelajaran diskusi kelompok. (2) Peningkatan Aktivitas siswa meningkat dengan rata-rata pada observasi awal yaitu 52% hasil observasi pada siklus I menjadi 73% dan pada siklus II menjadi 88%.

Published
2019-01-31
How to Cite
Sudarsono, B. (2019). Implementasi Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SMK Ma’arif 1 Kebumen. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(1), 68-74. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/537
Section
Articles