Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Kompetensi Sistem Kemudi di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh

  • Ngasif Fandi Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Susanto Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Cooperative learning, Type Jigsaw, Motivasi belajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan penelitaian tindakan klas dengan metode pembelajaran ooperative Learning tipe Jigsaw dalam kopmetensi sistem kemudi, 2) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar siswa dan 3) mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,71% berkategori kurang, naik menjadi 62,06% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 72,12%. 3) Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 41,30%, pada siklus I meningkat sebesar 65,21% naik menjadi 80,44% pada siklus II.

Published
2019-06-28
How to Cite
Fandi, N., & Susanto, A. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Kompetensi Sistem Kemudi di SMK Ma’arif NU 1 Sumpiuh. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(2), 81-88. https://doi.org/10.37729/autotech.v14i2.539
Section
Articles