Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran K3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • kurniawan kurniawan
  • Arif Susanto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Suyitno Suyitno Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: metode, demontrasi, k3, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembeajaran demonstrasi yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X TBSM SMK N 8 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah responden sebanyak 32 siswa kelas X TBSM SMK N 8 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian yang berupa soal. Analisis data menggunakan tabel presentase. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah responden 32 siswa kelas X TBSM A SMK N 8 Purworejo. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian yang berupa soal. Analisis data yang digunakan taraf kesukaran dan daya beda. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan Hasil belajar siswa kelas X TBSM SMK N 8 Purworejo setelah menggunakan metode pembelajaran dengan rata-rata siklus I 61,7 dan untuk siklus II mendapatkan rata-rata 78,2. Terdapat kenaikan hasil belajar dengan mencapai presentase sebesar 16,1%.

Published
2021-01-30
How to Cite
kurniawan, kurniawan, Susanto, A., & Suyitno, S. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran K3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(1), 14-21. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/876
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>