Modifikasi Shock Depan Sepeda Motor Type Teleskopik Menjadi Rasa Upside Down
Abstract
Penelitian ini bertujuan memodifikasi suspensi teleskopik agar lebih aman, nyaman, lebih stabil pada kondisi jalan lurus atau menikung dan menambah redaman yang lebih baik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah shock depan sepeda motor Yamaha F1ZR tahun 1997 yang akan di modifikasi diantaranya kekuatan shock, daya serap dan rebound untuk mendapatkan shock yang aman dan nyaman. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan. Hasil perhitungan uji coba pertama sampai kelima dengan keadaan shock standar diperoleh rata-rata kecepatan aliran oli 4,42332. 10−4????3/???? dengan waktu rata-rata 0,2s dan lubang orifice standar 3,5mm. Uji coba keenam sampai kesepuluh diperoleh kecepatan rata-rata aliran oli 0,97828. 10−4????3/s dengan rata-rata waktu 0,226s dan lubang orifice standar 3,5mm. uji coba kesebelas sampai kelimabelas diperoleh kecepatan rata-rata aliran oli 0,09348. 10−4????3/???? dengan waktu rata-rata 0,252s dan lubang orifice 2mm. Dari hasil perhitungan diperoleh jawaban bahwa semakin kental viskositas dan semakin kecil lubang orifice maka aliran oli akan semakin melambat mengakibatkan rebound shock semakin lama, viskositas oli yang lebih kental melewati lubang orifice dari bawah torak garpu menuju atas torak garpu menyebabkan redaman yang lebih baik.